Download | Sabtu, 7 Desember 2019

Berita Bank Magelang

Beranda > Berita > 30 Tahun Bank Magelang. Sinergikan Visi Kerja dengan Stakeholder

30 Tahun Bank Magelang. Sinergikan Visi Kerja dengan Stakeholder

Diposting pada : 2015-10-05 | 10:07:00 - Oleh : Admin - Dibaca : 1104 kali

Sejarah Perusahaan

PD BPR Bank Magelang pertama kali didirikan secara resmi pada tanggal 1 Januari 1955 berdasarkan Peraturan Daerah  No. 45/1958 Tanggal 26 Juli 1958 tentang Bank Pasar yang beralamat  di Pasar Rejowinangun Magelang. Namun demikian rintisan awal pendirian usaha bank ini tidak dapat bertahan lama dan berhenti beroperasi pada tahun 1965. Pada tahun 1985, berdasarkan Keputusan Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Magelang No. 539/57/04/1958 tanggal 25 Februari 1985 Bank Pasar yang telah mengalami vakum selama hampir 20 tahun mulai diaktifkan dan tanggal 12 Juni 1985 beroperasional kembali yang kemudian dijadikan tonggak sejarah kelahiran PD BPR Bank Magelang saat ini. 

Pemberlakuan Undang-undang No. 14 Tahun 1967 tentang pokok-pokok Perbankan mengharuskan seluruh Bank Desa dan Bank Pasar yang didirikan sebelum tahun 1970 memiliki Anggaran Dasar untuk dapat memiliki izin usaha sebagai syarat dapat melanjutkan usahanya. Dalam kaitan inilah, berdasarkan Peraturan Daerah  Kotamadya Tingkat II Magelang No. 4 Tahun 1986  tanggal 22 April 1986, Bank Pasar ditetapkan menjadi Perusahaan Daerah (PD) Bank Pasar  yang selanjutnya mendapatkan ijin opersioanal berdasarkan Surat Keterangan melanjutkan usaha Bank Pasar dari Direktur Lembaga Keuangan Departemen Keuangan RI No. Ket.836/MK.11/1987.

Seiring dinamika usaha yang semakin kondusif, pada tahun 2002 PD Bank Pasar  mengalami perkembangannya cukup strategis. Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 3 Tahun 2002, PD BPR Bank Pasar  ditetapkan menjadi PD Bank Perkreditan Rakyat  Bank Pasar dengan modal dasar bank yang ditingkatkan menjadi Rp 13 milyar . Selain itu pada tahun 2002 ini pula PD BPR Bank Pasar mulai menempati kantor yang digunakan sampai saat ini di Jalan Tidar No. 11 Magelang.

Pada tahun 2009 di tengah tuntutan masyarakat yang semakin meningkat atas jasa layanan perbakan yang semakin baik, PD BPR Bank Magelang menapaki fase kemajuan yang semakin signifikan, antara lain ditandai dengan perubahan nama dan logo perusahaan.  Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor  12 Tahun 2009 tanggal 11 Agustus 2009 PD BPR Bank Pasar berubah nama  menjadi PD BPR Bank Magelang. Perubahan nama yang juga diikuti perubahan logo perusahaan dan peningkatan modal dasar menjadi Rp 25 miliar ini, secara jelas menegaskan sedang tumbuhnya tekad kuat para pengelola perusahaan ini menjadikan PD BPR Bank Magelang menjadi perusahaan daerah yang sehat, kuat dan terpercaya

Pencapaian Kinerja

Secara umum, Bank Magelang telah berhasil mencatat prestasi kinerja operasional yang layak dibanggakan. Dalam 5 (lima ) tahun terakhir ini, secara kuantitatif Bank Magelang dapat menjaga tradisi pertumbuhannya dengan baik. Beberapa instrument kinerja operasional perbankan seperti total asset, dana pihak ketiga, outstanding kredit dan laba tumbuh signifikan seiring dengan membaiknya infrastruktur dan sistem operasi perusahaan. Hal ini membuktikan keberhasilan manajemen perusahaan dalam membawa perubahan komprehensif yang sedang terus dikembangkannya.

Sampai akhir tahun 2014 lalu, Bank Magelang telah mampu membukukan volume usaha (total asset) sebesar Rp 113,32 milyar, meningkat dari periode yang sama di tahun sebelumnya yang sebesar Rp 98,90 milyar. Per Mei 2015 total asset yang dicapai sebesar Rp 118,80 Milyar. Peningkatan asset dalam beberapa tahun terakhir ini  dapat dijaga kontinuitasnya. Jika dibandingkan dengan total asset 5 (lima ) tahun yang lalu yaitu tahun 2010 yang sebesar Rp 59,40 tercatat telah terjadi peningkatan 100 %.

Untuk dana pihak ketiga sampai Mei 2015 Bank Magelang telah mampu menghimpun dana sebesar Rp 95,57 milyar mengalami peningkatan dibanding dengan akhir tahun 2014 yang sebesar Rp 91,61 milyar. Sementara penyaluran kredit juga mengalami peningkatan yang pada  tahun 2014 mencapai Rp 98,33 milyar meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 85,39 milyar. Meskipun kondisi perekonomian nasional mengalami pelambatan, namun penyaluran kredit untuk usaha produktif termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah mengalami peningkatan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Bank Magelang juga mampu menjaga pertumbuhan perolehan laba usaha, sehingga Pendapatan Asli Daerah yang disetorkan kepada Pemerintah Kota Magelang juga selalu mengalami peningkatan.

Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi

Sumber daya manusia harus unggul secara profesional dan personal karena itu Bank Magelang menerapkan sistem pelatihan dan peningkatan kualitas SDM yang berfokus pada pencapaian prestasi kinerja termasuk kualitas operasional dan layanan pada masyarakat. Selain itu dalam bidang teknologi informasi Bank Magelang membuka layanan online ke semua kantor baik kantor cabang dan kantor kas. Saat ini masih dilakukan penjajakan kerja-sama dengan beberapa BPR dan bank umum dalam pembangunan layanan melalui ATM.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Dalam menjalankan operasionalnya, Bank Magelang juga tidak lepas dari tanggung jawab sosial kepada masyarakat maupun lingkungan, sebagaimana salah satu misinya adalah meningkatkan citra baik Bank dalam masyarakat dengan pelayanan prima dan aksi sosial kemasyarakatan. Sebagai Perusahaan milik Pemerintah Kota Magelang, Bank Magelang memiliki tanggung jawab tidak hanya mengejar profit semata, namun juga konsekuensi sosial dan lingkungan, sehingga terbentuk harmonisasi yang mendukung keberlanjutan Perusahaan dimasa mendatang. CSR yang berkaitan dengan kepedulian sosial maupun lingkungan yang dilakukan oleh Bank Magelang diwujudkan dalam bentuk bantuan dana program kegiatan, bantuan pemberdayaan ekonomi maupun bantuan sosial kepada yayasan sosial dan kemasyarakatan, korban bencana alam, masyarakat kurang mampu, ataupun lembaga yang memiliki kepedulian pada pelestarian lingkungan maupun kebudayaan. Bersamaan dengan peringatan Ulang Tahun ke-30, Bank Magelang memberikan bantuan kepada beberapa yayasan sosial yaitu Panti Asuhan Nurul Qur'an di Jumoyo dan Utsman bin Affan di Ngluwar Kabupaten Magelang, yang masing-masing untuk pengembangan ternak Kambing dan budidaya ikan air tawar. Juga bantuan untuk meningkatkan ketrampilan membatik di Yayasan Pendidikan dan Penyantunan Anak Luar Biasa Putra Mandiri Kedungsari, Magelang serta bantuan untuk pembinaan anak terlantar untuk yayasan Jamiatul Quro' di Gelangan, Magelang.

Baca Juga Berita Bank Magelang Lainnya

Info Suku Bunga
Deposito 1 Bulan : 5.50%
Deposito 3 Bulan : 6.00%
Deposito 6 Bulan : 6.50%
Deposito 12 Bulan : 7.00%
Hot Line Service

Saran dan Kritik
Jimmy

Mohon info untuk produk tabungan di bank mgl..

Terima kasih

Silahkan lihat di menu ...

nurul

selamat malam\nmhn untuk dijelaskan mengenai kredit pendidkan untuk mahasiswa. dengan jaminan bpk...

paijo

pokoke mantep kredit ning bank magelang bungane ringan tur aman...usahane dadi maju lancar....

Andi

Luncurkan terus kredit murah untuk pengembangan Kota Magelang.

...
Nurul

Kredit di BankMagelang sangat murah dan pelayanannya cepat...Salut pada Bank Magelang.. Semoga Ja...

Fahri

Tingkatkan pelayanan...semoga tambah sukses..

...
joe

maju terus bank milik daerah kota magelang....\n\n\ncaiyoooo....

...
Administrator

Selamat Datang............

...

Link Terkait