Suku Bunga Rendah, Permintaan Kredit Bank Magelang Masih Lemah
Tanggal: 21/03/2022 Di Baca81 kali

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM Tren suku bunga kredit rendah masih belum mampu mengerek permintaan kredit di Perumda BPR Bank Magelang secara maksimal. Hal tersebut terefleksikan dengan merosotnya realisasi penyaluran kredit di dua bulan pertama pada tahun 2022.

Dirut Perumda BPR Bank Magelang Hery Nurjianto mengatakan, kinerja Bank Magelang sampai Desember 2021 berhasil membukukan aset Rp234 miliar. Jumlah ini meningkat 12,11 persen dibanding Desember 2020 sebesar Rp209 miliar.

”Kredit yang disalurkan sebanyak Rp184 miliar atau meningkat 14 persen dibandingkan akhir tahun 2020 sebesar Rp161 miliar. Bank Magelang juga menghimpun uang masyarakat Rp86,9 miliar. Terjadi peningkatan 27,63 persen dibanding tahun lalu Rp68 miliar,” katanya, kemarin.

Sedangkan produk deposito pertumbuhannya hanya 5,76 persen. Dari Rp96 miliar di tahun 2020, menjadi Rp102 miliar pada Desember 2021. Dengan capaian itu maka Bank Magelang menempati peringkat ke-7 secara nasional untuk BPR milik pemerintah daerah dengan aset Rp100-200 miliar yang berkinerja baik.

 

”Penilaian ini berdasarkan laporan Infobank yang dirilis Februari 2022,” jelasnya.
Kendati demikian, jumlah tersebut masih jauh jika dibandingkan dengan sebelum pandemi Covid-19. Ia menilai, banyak faktor yang mengakibatkan anjloknya angka kredit di bank plat merah itu.

”Praktis ekonomi turun masyarakat daya beli dan iklim berbisnis, berwirausaha juga turun. Hal ini berimbas terhadap permintaan kredit yang turun selama dua tahun terakhir,” ujarnya.
Untuk menyiasatinya, mulai tahun 2022 ini, pihaknya akan menawarkan khusus bagi para nasabah berupa kredit murah jelang Ramadan dan Lebaran nanti.

”Prediksi kami akhir Maret sudah mulai bergerak (pengajuan kredit). Untuk memancing masyarakat, kami juga menyediakan hadiah-hadiah menarik yang akan diundi,” terangnya.
Tidak hanya itu, Bank Magelang juga menawarkan kredit dengan bunga sangat kecil. Salah satunya kredit Pro Master yang dikhususkan bagi pelaku UMKM dan KPR khusus masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

”Kredit Pro Master dan KPR bagi MBR suku bunganya sangat kecil yaitu 6 persen per tahun atau 0,5 persen per bulan,” pungkasnya. (wid)

Top