Wartawan Cilik Belajar Liputan di Bank Magelang
Tanggal: 16/08/2022 Di Baca45 kali

Bank Magelang sukses menghelat pelatihan jurnalistik dan membuat konten medsos edukatif bagi pelajar SMP/MTs se-Kota Magelang pada Rabu (10/8). Pelatihan ini mengangkat tema “Kejar Simpel, Raih Untung”. Acara ini hasil kolaborasi dengan Jawa Pos Radar Semarang dan mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang. Acara ini diikuti 38 peserta dari berbagai sekolah. Rangkaian acara pelatihan ini dikemas menarik dan menyenangkan. Hal ini tergambar jelas dari antusiasme peserta selama mengikuti acara ini. Ketika pemaparan materi, para peserta fokus menyimak. Setidaknya ada tiga materi yang disampaikan narasumber dari Jawa Pos Radar Semarang. Materinya adalah penulisan berita oleh Pratono, fotografi jurnalistik oleh Puput Puspitasari, dan membuat video disampaikan oleh Reza Abdurrahman. Suasana di ruangan aula Bank Magelang makin hidup ketika sesi tanya jawab dibuka oleh moderator, Lis Retno Wibowo. Peserta adu cepat mengangkat tangan, agar mendapat kesempatan bertanya.

Semangat peserta juga menggebu-gebu ketika kegiatan career day berlangsung. Peserta diajak berkeliling ke seluruh ruangan Bank Magelang untuk melihat dunia perbankan yang sesungguhnya. Sembari melihat-lihat seisi gedung Bank Magelang, mereka juga mengabadikan momen-momen itu dalam sebuah video. Peserta juga diajak menjadi wartawan-wartawan cilik, dengan melakukan sesi wawancara dengan Direktur Utama Perumda BPR Bank Magelang Hery Nurjianto tentang keunggulan produk Tabungan Simpel (Simpanan Pelajar). Semua materi video itu kemudian di-edit sampai menjadi produk video edukatif berdurasi 1-2 menit.

Bank Magelang pun memberikan hadiah menarik kepada tiga peserta terbaik dalam membuat video edukatif. Juara pertama mendapat tambahan saldo Tabungan Simpel Rp 750.000, juara kedua Rp 500.000, juara ketiga Rp 250.000. Masing-masing dari pemenang juga menerima trofi, serta piagam penghargaan dengan bubuhan tanda tangan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang Papa Riyadi.
 

Milenial Gaul, Gemar Menabung

Pelaksanaan pelatihan jurnalistik dan membuat konten medsos edukatif bagi pelajar SMP/MTs se-Kota Magelang ini tak lepas dari misi Bank Magelang dalam menyelamatkan generasi muda dari dampak buruk media sosial. Dirut Perumda BPR Bank Magelang Hery Nurjianto merasa prihatin dengan maraknya konten-konten negatif yang diproduksi oleh generasi milenial. Ia memandang pentingnya membekali anak-anak muda dengan ilmu jurnalistik dan mengarahkan mereka untuk membuat konten-konten edukatif.

“Kita ingin, karya-karya kreatif dari para peserta dapat mewarnai media sosial. Mereka bisa menjadi agen perubahan, tetap gaul, namun tetap menjunjung adat budaya ketimuran yang sangat menjunjung nilai-nilai dan norma yang tumbuh di negara Indonesia,” ujarnya. Ia optimistis, acara ini berdampak positif. Memperkuat karakter dan mengedukasi pelajar untuk menjadi netizen maupun konten kreator yang bijak di era digital.

Selain itu, pelatihan ini merupakan wujud apresiasi Bank Magelang kepada pelajar pemegang rekening Tabungan Simpel (Simpanan Pelajar). Ia akan terus memasyarakatkan produk Tabungan Simpel, serta menyukseskan program Kejar (Satu Rekening Satu Pelajar) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Karena kita ingin menumbuhkan budaya menabung sejak dini, agar mereka terbiasa mengatur keuangan sejak kecil, dan terhindar dari perilaku konsumtif,” ujarnya. Menurut Hery, Tabungan Simpel dirancang memiliki segudang manfaat untuk pelajar. Pembukaan rekening tabungan cukup dengan Rp 5.000. Setelah itu, jumlah setoran tidak dibatasi. Paling rendah Rp 1.000. Penabung Simpel juga tidak dibebani biaya administrasi apapun. Malahan mendapat bunga yang menarik. “Tabungan Simpel bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan sekolah, bahkan untuk biaya study tour,” ucapnya. (put/web/ton)

Artikel ini telah terbit di radarsemarang.jawapos.com
 

Top